28 Mar 2012

Sejarah dan Asal-Usul Nama BlackBerry


Sejarah dan Asal-Usul Nama BlackBerry

Beberapa tahun silam, nama BlackBerry hanya ditujukan untuk nama buah yang kecil berduri berwarna hitam keunguan dan dapat dibuat menjadi selai lezat. Namun sekarang ini, semua orang familiar bahwa "BlackBerry" adalah perangkat yang sangat adiktif.
Pada tahun 1999, perusahaan Canada Research In Motion (RIM) mendulang emas ketika mengembangkan perangkat portabel wireless yang memungkinkan pengguna untuk dapat menelepon, mengirim email dan browsing Internet. Ini dirancang untuk melayani orang-orang bisnis dan memungkinkan mereka untuk memiliki komunikasi mobile wireless email. Perangkat ini juga dapat menjadi organizer kalender genggam. Dan ia awalnya dikenal sebagai Leapfrog namun kemudian berubah nama menjadi BlackBerry. Apakah Anda tahu dari mana nama BlackBerry ini berasal? Bagaimana RIMmembuat hubungan antara sebuah gadget dan sepotong buah?
Ini semua berawal dari permintaan RIM kepada Lexicon Branding Inc, salah satu perusahaan branding dari California untuk membantu memilihkan sebuah nama untuk gadget email mereka. RIM ingin menggunakan kata "email" dalam nama perangkatnya tersebut. Sebelumnya perusahaan telah bermain-main dengan berbagai nama yang terkait dengan kata "email". Tapi setelah berkonsultasi, David Placek, presiden Lexicon meyakinkan perusahaan untuk mempertimbangkan pilihan lain. Menurutnya banyak orang yang mengasosiasikan "email" dengan pekerjaan, dan itu menjadi sesuatu yang biasa. Selain itu, ia menjauhi nama yang secara langsung terkait dengan kata "email", karena riset konsumen menunjukkan kata tersebut dapat meningkatkan tekanan darah klien. Sehingga Mr Placek dan timnya mencari sesuatu yang "lebih enak didengar, lebih alami, lebih menghibur dan lebih yang dapat menurunkan tekanan darah."
Ketika seseorang menunjukkan bahwa tombol kecil pada perangkat RIM tampak seperti kumpulan biji, Lexicon mulai mengeksplorasi nama-nama buah yang berbeda, mulai dari strawberry, melon dan berbagai macam sayuran dan buah, hingga akhirnya perusahaan menetapkan nama BlackBerry karena nama ini terbukti lebih enak didengar telinga dan sesuai dengan warna perangkat yang pada saat itu berwarna hitam.
Dalam dunia penamaan produk, nama seperti BlackBerry adalah "fantastis" atau nama yang "sewenang-wenang", yang berarti bahwa nama itu tidak memiliki koneksi ke produk yang disediakan. Sebagai contoh, Apple dan Yahoo adalah nama-nama yang tidak terkait langsung dengan komputer atau mesin pencari situs web.
Memilih nama yang fantastis berisiko karena konsumen harus tahu apa sih yang sedang Anda bicarakan. Sebuah perusahaan perlu otot pemasaran yang kuat untuk memastikan orang menghubungkan nama ke barang, kata George Frazier, mitra di perusahaan penamaan Idiom di San Francisco. Namun ini nampaknya dibantah oleh kesuksesan BlackBerry.
"Nama BlackBerry lebih baik dari pada sesuatu seperti ProMail atau MegaMail," kata Mr Placek. "Jika Anda ingin mendapatkan perhatian, Anda tidak perlu menjelaskan sesuatu, Anda hanya menciptakan sebuah konsep baru." [ND]
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

don't Forget to COMMENT