3 Nov 2012

Kenapa Bumi Adalah Tempatnya Manusia, 13 Fakta


Ketika efek pemanasan global dan ancaman kehancuran mendera bumi, para ahli astronom berpaling ke tata surya mencari planet baru yang layak huni. Kenyataannya, sejauh ini belum ada planet yang suasananya ‘senyaman’ bumi kita.
Walaupun mungkin ada yang mendekati, jarak tempuhnya terlalu jauh. Alternatif lain, manusia mencoba membentuk peradaban di planet Mars. Tetap saja tak seindah bumi kita.
earth1 Kenapa Bumi Adalah Tempatnya Manusia, 13 Fakta
actualearth.org
Sejujurnya, bumi benar-benar dipersiapkan sebagai tempat tinggal manusia. Para ahli pun mengakui hal ini. Maka, akan aneh dan merupakan ‘keajaiban super’ bila kehidupan timbul secara ‘tak sengaja’ dari ledakan big-bang dan mikro-organisme yang terbawa ke planet Bumi menjadi asal-usul manusia, hewan, serta mahluk hidup lainnya.
Kalau teori tersebut benar, logika yang paling mungkin adalah, tetap ada sebuah kekuatan besar yang mengatur agar proses pembentukan tata surya, terutama bumi, berjalan tepat sesuai perhitungan. Nah, kekuatan besar inilah yang menjadi bukti keberadaan Sang Pencipta.
Ada 13 fakta yang menjadikan bumi sebagai ‘rumah’ untuk manusia, berikut alasannya dikutip dari foxnews.com
1. Orbit bumi terhadap bintangnya, matahari, memiliki jarak yang presisi. Manusia tidak merasa terlalu panas, dan terlalu dingin. Kondisi ini juga membuat air bisa pada bentuknya, cairan dan di beberapa bagian tetap menjadi es. Di Mars dan Venus, ditemukan air juga. Namun, lingkungannya tak memungkinkan air (es) tersebut mencair, mengalir layaknya sungai-sungai di bumi.
2. Hanya bumi yang memiliki satelit paling tepat posisinya, yakni bulan. Dengan keberadaan satu satelit, maka bulan bisa mengatur datangnya air pasang serta air surut. Gravitasi antara bumi dan bulan pun begitu presisi sehingga siklus di bumi menjamin kelangsungan hidup penghuninya.
3. Rotasi bumi terhadap matahari menjadikan pagi dan siang, iklim dingin dan panas, semua terjadi sesuai dengan kondisi mahluk hidup di dalamnya. Kita bisa menikmati matahari 12 jam dan bulan 12 jam, bisa menikmati pergantian musim yang memungkinkan flora  melakukan regenerasinya. Sungguh keseimbangan yang penuh presisi.
4. Gravitasi bumi sangat pas. Kalau kita ke Mars atau bulan, tak ada gravitasi sehingga manusia bisa melompat tinggi hingga puluhan meter. Walau hal tersebut menarik, rasanya susah menjalani kehidupan dalam kondisi demikian. Di mana hewan dan tumbuhan bisa hidup bila tanpa gravitasi?
5. Keberadaan Kutub Utara dan Selatan merupakan medan magnetik yang menjaga kestabilan bumi.
enjoying nature2 Kenapa Bumi Adalah Tempatnya Manusia, 13 Fakta

0 komentar:

Posting Komentar

don't Forget to COMMENT