7 Des 2012

Rahasia, mudahnya Pindah ke Linux



Hemat adalah kata yang menjadikan linux begitu cepat berkembang dan mulai banyak digunakan orang. Gratis, handal, dan aman, semua tahu itu, jika anda cinta “belajar”, mengadopsi Linux akan menambah waktu anda untuk banyak belajar.

Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan linux mesti belajar dengan keras, tentu itu tidak benar. Mari kita lepaskan sikap enggan kita, kebiasaan menggunakannya akan semakin mengasah keterampilan kita ber-Linux.

Mari kita fahami 10 langkah halus untuk menghilangkan penderitaan anda mempelajari linux. Mudah-mudahan Panduan ini bisa membantu anda..

1. Gunakan Linux yang mirip tampilan standar Windows.

Jika biasa menggunakan windows dengan segala kemudahan dan rasa familiar anda dengan tampilannya, akan sangat sulit berpindah ke area tampilan yang lain dan asing. Karenanya, banyak sekali pilihan Linux yang memiliki interface atau tampilan mirip Windows XP. Jika anda memang benar-benar user berlatar Windows, gunakan Linux dengan setting tampilan KDE atau Xfce.

Beberapa distro berikut mungkin cocok: 1. Vixta, 2. Linux-XP, gOS (Good OS), dll

2. Familiarlah dengan software2 Linux di Windows
sebelum anda benar-benar beralih ke Linux. Biasakan menggunakan Firefox ketika main internet, gunakan Open Office untuk aplikasi kantoran anda selain Ms. Office, atau ganti Outlook anda dengan Evolution.

3. Pilih distro Linux yang sesuai.
Pemula jangan pilih Linux Slackware, bisa-bisa anda bunuh diri . Pilih Ubuntu, PCLinuxOS, Mepis, Linux Mint atau Mandriva.

4. Oprek dan obrak-abrik Linux.
Lakukan trial dan error, coba dan cobalah, puaskan rasa ingin tahu dan penasaran anda, jangan takut-takut berekspreimenlah dengan linuk. Untuk dapat bebas bereksperimen tanpa takut resiko, jika anda memiliki CPU nganggur, tentu gak masalah, tapi jika gak ada CPU nganggur, anda bisa install Virtual Machine, semacam software yang memungkinkan anda memiliki CPU virtual di sistem windows anda, lalu dalam vistual machine, anda bisa menginstal puluhan sistem lain termasuk windows xp, tanpa takut Windows sistem anda error.

5. Hilangkan menu Administrativ.
Mintalah kepada IT support/ penginstall Linux anda untuk menghilangkan menu Administratif. Menu administratif seperti Samba, Network, SELinux, User administration, dan lain sebagainya akan membingunkan pengguna pemula. Jika anda terbiada menggunakan control panel di Windows, maka di Linu anda bisa menggunakan Gnome Control Panel yang memiliki tampilan tidak jauh beda dengan Control Panel versi Wondows.

6. Adopsilah Adept,
Instal-menginstal, bongkar pasang software/program adalah hal biasa bagi anda, maklumlah kini, hampir semua kebutuhan tugas dan hiburan tersedia bermacam tool untuk diisntall, tentu suatu saat anda bosa, anda akan ganti dengan yang lain, updat dan sebagainya. Di Linux hal tersebut sebenarnya lebih mengasyikan, karenanya jangan anggap susah untuk melakukan bongkar instal software di Linux. Adept memiliki antarmuka yang user-friendly, apalagi pada Linux Ubuntu, install jadi mudah.

7. Print panduan Linux.

Membaca panduan tertulis pada kertas lebih mudah ketika belajar komputer, daripada mengandalkan file help, apapun jenisnya. Memiliki buku linux juga membantu. Jika anda mahir English, print file panduan Linux yang tersedia, kelak jika anda sedang santai tanpa layar monitor di depan mata anda, anda bisa membaca-baca print out itu, itung-itung review belajar.

8. Video Tutorial Linux.

Belajar dengan bantuan video tutorial sangat membantu. Jika memungkinkan, mintalah IT Support anda membuatkan semacam video capture dari langkah-langkah tertentu semisal mengarahkan mouse ke direktori file-file dokument kita. Jika anda adalah seorang otodidakers, carilah video-video tutorial Linux yang bertebarandi jagad maya Internet. Jika anda seorang IT Support Sistem Linux, seorang pengguna baru Linux yang akan membuka sebuah file dokumen, mereka tentu akan anda arahkan ke direktory Home, maka mengarahkan mereka untuk membuka: /home/USERNAME/Documents akan membingungkan mereka, jika langkah-langkah yang akan anda tunjukkan terlebih dahulu anda capture dengan mode video, kelak pengguna baru yang kebingungan tidak akan bolak-balik lagi merepot anda.

9. Forum dan Mailing List Linux.

Jika anda seorang expert Linux dan menghendaki calon-calon pengguna sistem anda mendapat kemudahan, maka Forum-forum Linux, milis-milis linux mesti anda kelola dan anda kembangkan, lalu doronglah agar pengguna baru Linux anda bergabung.
Bagi anda para pengguna baru linux, forum dan milis-milis ada tempat terbaik bagi anda untuk bertanya, berdiskusi dan bertukar pengalaman.

Sebagai contoh, link-link berikut akan bermanfaat:
1. KDE
2. Gnome

10. Mari Nekat Install Linux.

Setelah mengetahui Linux adalah sistem operasi yang aman, handal dan terjangkau, tunggu apalagi? Mari mulai menginstall, setidaknya percobaan install sendiri di rumah anda. Menginstall sendiri distro Linux pilihan anda sendiri dengan segala keunikannya akan semakin membuat anda akrab dengan lingkungan kerja, istilah dan sensasinya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

don't Forget to COMMENT