22 Jan 2012

Install windows 8 melalui web


Meski belum resmi rilis, Windows 8 telah jadi perbincangan hangat dengan hadirnya beberapa feature baru yang menarik untuk dinanti. Bagi Anda yang sudah pernah mencoba versi Developer Preview-nya, terlihat Windows 8 memang tampil lebih cantik dan dinamis dengan tampilan baru ala gadget.

Baru-baru ini, beredar kabar bahwa Windows 8 juga akan hadir dalam versi web installer. Jadi untuk menginstalnya, Anda mesti melakukannya secara online tanpa bantuan media keping CD atau DVD seperti biasanya.

Hal ini bisa menjadi evolusi yang menarik. Dimulai saat Windows 3.1 hadir masih menggunakan disket, kemudian beralih ke media CD pada Windows 95 hingga XP. Berlanjut ke Windows Vista dan 7 yang telah menggunakan DVD, maka untuk Windows 8, selain dihadirkan melalui media DVD, juga akan hadir versi instalasi secara online.

Hal ini dicetuskan Microsoft melalui blog MSDN bahwa Windows 8 memang akan menyertakan versi instalasi melalui web.Meski pengaplikasiannya masih bisa berubah, ide ini cukup bagus dan menarik, mengingat akan mempermudah proses penjualan dan tentu saja harga yang lebih terjangkau.

Kemungkinan kendala tetap ada, seperti beberapa pengguna yang memiliki keterbatasan koneksi internet dari sisi bandwith ataupun kuota. Metode instalasi ini pun sepertinya tidak bisa dilakukan bagi Anda yang masih memiliki hard disk baru yang masih kosong. Minimal Anda harus sudah memiliki sistem operasi yang telah terpasang untuk mendapatkan koneksi internet.

Namun hal-hal tersebut tentu saja sudah dipikirkan dengan cermat oleh Microsoft. Maka dari itu, kita lihat saja apakah metode tersebut bisa terealisasikan pada peluncuran versi penuhnya yang direncanakan sekitar bulan Agustus 2012 nanti? Kita lihat saja.

0 komentar:

Posting Komentar

don't Forget to COMMENT