2 Apr 2012

Danau Tempe Kebanggan Dunia


Bila sempat berkunjung ke danau tempe,berarti anda termasuk orang yang beruntung. Mengapa? Karena berarti anda telah mengunjungi suatu tempat yang istimewa di belahan bumi ini.Danau Tempe tepat berada di atas lempengan benua Australia-Asia dan menginjakkan kaki pada kedua benua sekaligus.Hebatkan? Itulah yang membuat Danau Tempe Kebanggaan Dunia.
Entah apa yang melatarbelakangi penamaan nama Tempe bagi danau ini.Tentunya  tidak ada kaitannya dengan tempe,makanan yang terbuat dari kedelei,bayak orang menyebutkan bahwa tempe berasal dari kata timpe yang menurut lontarak sukkuna wajo berarti sawah,Tapi apalah arti sebuah nama.Bernama Tempe atau Timpe tak ada masalah.Bagi masyarakat dan pemerintah, keistimewaan danau penghasil ikan terbesar di dunia ini perlu di populerkan agar wisatawan mancan negara berduyun-duyun ke sini.
Danau Tempe
Presiden R.I ketiga,Prof DR.Ing. H. B. J. Habibie punya kenangan manis pada danau ini.Suatu hari di tahun,melalui rekannya Prof.DR. Ahmad Ahmad Amiruddin Pabittei,Gubernur Sulsel.Mengirimkan Bingkisan pada Drs.H.Tajuddin Noer,yang sewaktu itu menjabat Sekwilda Kabupaten Wajo,Cindramata itu merupakan ucapan terima kasih habibi yang telah dikirimi ikan kering ex Danau Tempe.
Lokasi Danau Tempe
Sejak dahulu kala,Danau Tempe memang memiliki spesies ikan tawar yang jarang dan bahkan tidak ada di tempat lain.konon di dasar danau menyimpan sumbe makanan ikan,yang di perkirakan ada kaitannya dengan letaknya yang berada di antara dua lempeng Benua.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

don't Forget to COMMENT