4 Sep 2012

Penggemukan Badan

       Bagaimana cara menggemukan badan dengan langkah-langkah tepat dan sesuai dengan rekomendasi ahli gizi. Sebelum menjabarkan beberapa poin terkait tips menggemukan badan, perlu anda ketahui beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan berat badan, karena hal ini menjadi penentu kesuksesan dalam program penggemukan badan yang akan anda jalani.

1. Faktor Metabolisme Tubuh
Setiap orang memiliki perbedaan kemampuan dalam menyerap makanan, atau bisa juga memang kita terjangkit oleh penyakit pencernaan. Untuk penyakit pencernaan yang paling banyak kita temui adalah penyakit cacing pada anak, sedangkan pada orang dewasa beberapa penyakit neurologi dapat berpengaruh terhadap masalah faktor metabolism tubuh (apalagi ditambah stress, depresi, dan sebagainya). Konsultasi kepada dokter akan sangat membantu.

2. Hormon
Faktor hormon dalam aktivitas hidup sangatlah berpengaruh, termasuk dalam pertumbuhan dan penyerapan makanan. Bagi wanita misalnya, hormon esterogen dari penelitian memiliki peran dalam menghambat pertumbuhan.

3. Genetika
Faktor genetika juga salah satu yang tidak kalah penting. Dalam suatu kelompok atau ras kita bisa menilai sendiri bagaimana peranan genetika dalam pertumbuhan.

Setelah memahami beberapa faktor diatas, kini anda bisa menjalani program penggemukan badan dengan mengikuti rule berikut.

Cara Menggemukkan Badan

Jika anda mencari informasi di media cetak maupun elektronik, mungkin anda akan menemukan beberapa saran cara menggemukan badan seperti :

Menambah Porsi Makan

Sulit jika pernyataan ini harus dibenarkan, tapi juga tidak salah 100%. Yang penting bagaimana kita memahaminya sesuai anjuran ahli gizi. Menambah porsi makan tidak serta merta dilakukan dengan sembarang, mulailah dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) kemudian menilai jumlah kebutuhan. IMT = Berat Badan (kg)/(Tinggi Badan (cm)/100)2, misalnya kita mempunyai BB = 50 kg, TB = 160 cm, maka IMT = 50/(160/100)2 = 50/2,56 = 19,53. Berikut penjelasan hasilnya :

IMT < 17.0 : Gizi Buruk IMT 17.0 – 18.5 : Gizi Kurang IMT 18.5 – 25.0 : Normal IMT 25.0 – 27.0 : Gizi berlebih IMT > 27.0 : beresiko

Jika anda berada dalam kategori gizi buruk atau gizi kurang, mulailah untuk menentukan program peningkatan porsi makan sebagai cara menggemukkan badan. Bisa jadi yang anda tingkatkan bukan kuantitas makanan, melainkan dari kualitas makanan anda. Tentunya hal tersebut lebih baik.

Minum Yang Banyak

Hal ini dapat anda lakukan demi menjaga system pencernaan anda.

Multivitamin

Multivitamin? Konsultasikan kepada ahli gizi, karena banyak mengkonsumsi bahan kimia dapat merusak organ tubuh seperti hati.

Olahraga dan Istirahat Yang Cukup

Untuk yang satu ini tentu sudah sepakat bahwa ini adalah cara menggemukan badan yang efektif.

Praktekan dan jalani prosesnya dengan sabar, makan berat badan yang anda harapkan akan lebih mudah untuk tercapai. Selamat mencoba, share artikel ini bila bermanfaat ke FB atau twitter.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

don't Forget to COMMENT